Umroh berapa hari sih? Ini akan selalu jadi pertanyaan bagi orang yang akan melaksanakan ibadah umroh. Apalagi calon jamaah umroh itu belum pernah merasakan pergi ke Tanah Suci, pasti sangat penasaran banget dengan hal ini. Maka dari itu, aku mau bahas tentang ini.

Mari langsung saja simak selengkapnya di bawah ini mengenai pertanyaan tentang umroh berapa hari sih? apa saja faktor durasi umroh? apa saja rangkaian yang harus dikerjakan saat umroh?

Kemudian ada paketan umroh apa saja? Dan hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan saat melaksanakan umroh nanti. Yuk, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan ini!

Umroh Berapa Hari?

umroh berapa hari

Mengenai umroh berapa hari ini sering kali ditanyakan oleh orang-orang. Karena pada umumnya ibadah umroh dengan haji itu berbeda. Maka dari itu, durasi pengerjaan umroh dan haji juga pastinya berbeda.

Nah, jadi durasi pengerjaan umroh itu biasanya lebih singkat dibanding dengan haji. Akan tetapi ibadah umroh juga sangat beragam durasinya, mulai dari 7 hari sampai 12 hari atau lebih. Tapi, hal ini pada intinya tergantung agen penyelenggaranya atau biasa disebut agen travelnya.

Semakin lama durasi umrohnya, maka biaya yang perlu dikeluarkan pastinya terbilang mahal. Dan sebaliknya, kalau durasi umrohnya singkat maka biaya yang harus dikeluarkan pastinya terbilang murah. Intinya, bisa diibaratkan ada harga ada kualitas ya.

Faktor Durasi Umroh

Sebelumnya sudah aku jelaskan bahwa pertanyaan umroh berapa hari itu tergantung agen travelnya. Karena biasanya di dalam penentuan durasi dan harga akan dikondisikan dengan beberapa faktor.

Nah, faktor yang menentukan durasi pengerjaan umroh tersebut mulai dari jumlah peserta umroh, paket yang ditawarkan oleh agen travel dan anggaran yang dimiliki oleh para jamaah. Jadi, faktor tersebutlah yang akan jadi pertimbangan mengenai durasi umroh.

Rangkaian yang Harus Dikerjakan Umroh

umroh berapa hari

Dan perlu kamu ketahui bahwa, umroh sebenarnya bisa diselesaikan dalam jangka waktu satu hari saja. Tapi mengapa banyak orang yang melakukan perjalanan umroh dengan jangka waktu lebih dari satu hari atau bahkan ada yang berminggu-minggu? Penasaran kan kamu?

Jadi begini, hal ini dikarenakan ada beberapa rangkaian yang harus dikerjakan oleh para jamaah umroh.

Maka dari itu, mereka melaksanakan umrohnya lebih dari satu hari. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja simak selengkapnya mengenai rangkaian yang harus dikerjakan saat umroh.

Kumpulan Doa Umroh Terlengkap Sesuai Sunnah yang Baik dan Benar

1. Hari Pertama

Nah, di hari pertama ini biasanya para jamaah umroh akan diberi bimbingan terlebih dahulu. Bimbingan tersebut dilakukan sebelum berangkat umroh. Jadi, yang dimaksud dengan bimbingan umroh di sini yaitu manas1ik umroh.

Nanti para jamaah umroh akan diberikan perlengkapan seperti buku yang isinya panduan lengkap bacaan umroh. Hal ini bertujuan supaya para jamaah umrah tidak keliru harus membaca doa apa, karena sudah tersedia di dalam buku panduan ini.

Selain itu, para jamaah umroh akan diberikan seragam oleh agen travelnya. Seragam tersebut harus dikenakan saat berangkat umroh nanti. Hal ini bertujuan sebagai tanda pengenal supaya saat sampai di Jeddah jamaah umroh tidak tersesat.

Kemudian saat para jamaah sudah sampai di Jeddah, akan dipersilahkan untuk beristirahat atau menginap di hotel yang disediakan oleh agen travelnya.

2. Hari Kedua

Di hari kedua ini para jamaah yang sedang berada di Madinah akan diajak berkunjung ke makam Rasulullah saw dan sahabatnya.

Nah, di area makam Rasulullah saw ini dikenal dengan sebutan Raudhoh. Jadi Raudhoh ini ditandai dengan karpet yang berwarna hijau khas. Karpet tersebut warnanya akan berbeda dari yang lain.

Intinya area Raudhoh ini merupakan bagian tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah swt. Maka sudah tidak heran kalau di area ini selalu ramai bahkan sangat penuh oleh para jamaah dalam waktu 24 jam.

Karena para jamaah umroh seperti sedang berlomba-lomba untuk memanjatkan doa kepada Allah swt supaya bisa cepat dikabulkan. Selain itu, para jamaah umroh juga dipersilahkan untuk membeli oleh-oleh buat keluarga, teman, sahabat dan lainnya.

3. Hari Ketiga

Selanjutnya, di hari ketiga ini biasanya para jamaah akan diajak jalan-jalan oleh agen travelnya. Hal ini sudah menjadi bagian dari fasilitas yang sudah disediakan dalam paketannya.

Jadi, nanti agen travelnya akan mengajak para jamaah umroh untuk mengelilingi kawasan Madinah sambil menjelaskan tentang sejarah-sejarahnya secara singkat dan jelas.

Nah, jalan-jalan ini dikenal dengan sebutan city tour. Di sini kamu akan diajak melihat kawasan Madinah mulai dari berkunjung ke kebun kurma, shalat di Masjid Quba, ke percetakan Al-Quran, pergi ke Jabal Magnet, Jabal Rahma dan masih banyak lagi.

Intinya, nanti agen travel tersebut akan memberikan penjelasan tentang sejarah nabi pada zaman dahulu sambil melihat-lihat.

Dan setelah itu biasanya para jamaah umroh akan menghabiskan waktunya di Madinah dalam jangka waktu tiga hari saja. Karena selebihnya akan dilaksanakan di kota Mekkah.

4. Hari Keempat

Di hari keempat ini, para jamaah yang sudah melakukan kegiatannya di Madinah disuruh melanjutkan perjalannya ke kota Mekkah.

Nah, perjalanan dari kota Madinah ke Mekkah ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar enam jam dengan menggunakan kendaraaan bus.

Kemudian pada saat para jamaah sudah sampai di Mekkah, biasanya akan langsung disuruh mandi wajib dan membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah umroh yang sesungguhnya, seperti tawaf dan sai.

Jadi, intinya sebelum melakukan tawaf dan sai kamu harus suci terlebih dahulu. Supaya ibadah kamu bisa diterima oleh Allah swt.

5. Hari Kelima

Hari kelima ini biasanya para jamaah umroh sedang khusyuk beribadah kepada Allah swt. Karena di bagian ini, para jamaah umroh sedang melaksanakan kegiatan tawaf dan sai.

Jadi intinya, para jamaah umroh akan melakukan kegiatan umroh berulang-ulang kali dengan cara mengelilingi Ka’bah sampai mereka tidak kenal lelah.

Tawaf dan sai ini tidak boleh kamu lewatkan. Sebab jika kamu berani melewatkannya maka ibadah umroh kamu terbilang tidak sah.

Selain itu,ada juga para jamaah yang rela sampai menginap di Masjidil Haram, dikarenakan mereka sedang merasakan kebahagian serta bersyukur kepada Allah swt atas izinnya jadi bisa menginjak Tanah Suci.

Tips Ibadah Umroh dan Haji Umroh Agar Tetap Aman dan Nyaman Dalam Melaksanakannya

6. Hari Keenam

Di hari keenam ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, yaitu para jamaah biasanya akan menghabiskan waktunya di dalam Masjidil Haram sambil mengelilingi Ka’bah dan melakukan sai.

Namun ada juga yang mengisi aktivitasnya dengan cara mencari inforasi mengenai sejarah kota Mekkah atau berkeliling Masjidil Haram sambil menikmati keindahan yang Allah swt telah ciptakan.

7. Hari Ketujuh

Nah, di hari ketujuh ini biasanya para jamaah akan memanfaatkan hari tersebut dengan cara mengikuti shalat berjamaah ketika adzan sudah berkumandang, dilanjutkan dengan membaca Al-Quran, shalat sunnah dan seterusnya di dalam kota Mekkah ini.

Karena pada umumnya mereka tidak ingin menghabiskan waktunya dengan berleha-leha. Maka dari itu, mereka akan berusaha memanfaatkan waktunya supaya bisa berada di Masjidil Haram.

8. Hari Kedelapan

Hari kedelapan ini merupakan hari terakhir. Nah, di hari kedelapan ini para jamaah akan melakukan ibadah umroh. Ibadah umroh tersebut dikenal dengan nama ibadah perpisahan.

Jadi di sini, para jamaah akan mengelilingi Ka’bah dan pastinya sambil berdoa supaya suatu saat nanti bisa kembali menginjak Tanah Suci ini. Setelah itu, para jamaah akan menuju ke Bandara dengan menggunakan bus sesuai dengan keberangkatan pada mulanya.

9. Hari Kesembilan

Sesampainya di Indonesia, maka para jamaah pastinya akan disambut oleh para keluarga, teman, sahabat dan lainnya. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi para jamaah umroh.

Jadi, intinya rangkaian perjalanan umroh itu ada yang berakhir di hari keenam, tujuh dan delapan.

Hal ini tergantung agen travelnya, karena ada juga travel yang menawarkan paket perjalanan umroh plus wisata ke Negara seperti Mesir, Turki, Yordania dan lain-lainnya selama kurang lebih sembilan sampai dua belas hari.

Kemudian, aku saranin lebih baik kamu memilih paket umroh yang sesuai dengan kantong saja. Meskipun paketan yang kamu piliih memiliki jangka waktu yang singkat. Maksudnya, yaitu paketan khusus ibadah umroh saja tidak perlu ada yang sambil wisatanya.

Karena harga paketan yang sekaligus dengan wisata itu biayanya mahal. Jadi, pandai-pandailah memilih harga paketan umroh. Supaya tidak terlalu membebankan kamu.

9 Perbedaan Haji dan Umroh Paling Lengkap dan Detail Beserta dengan Dalil Al Quran

Paketan Umroh

Nah, buat kamu yang ingin pergi umroh di tahun 2020 ini, aku punya beberapa paketan umroh sekaligus dengan waktu pelaksanaanya.

Hal ini bertujuan supaya kamu punya gambaran mengenai waktu pelaksanaan umroh itu berapa hari. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini!

1. Umrah Bulan Januari

Di bulan Januari ini ada agen travel yang menyediakan paket umroh sambil belajar sejarah Nabawiyah. Nah, sudah penasaran kan mengenai paketan umrohnya berapa hari?

Jadi, paketan umroh ini menyediakan durasi pelaksanaan umrohnya sekitar sembilan hari. Sembilan hari ini harus kamu manfaatkan dengan baik. Sebab kamu tidak akan tahu nanti bisa menginjak Tanah Suci kembali atau tidaknya.

2. Umrah Bulan Februari

Di bulan Februari ini ada agen travel yang bernama Hasana Tour Travel yang membuka paketan umrah spesial reguler.

Paketan Hasanah Tour Travel ini menyediakan fasilitas yang baik. Kamu sudah penasaran kan umrohnya berapa hari sih?

Jadi, di dalam paketan ini menyediakan umroh dengan waktu sembilan hari. Sembilan hari ini dihitung dari hari keberangkatan atau setibanya di tempat penginapan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat umroh

  • Disunnahkan untuk mandi besar atau mandi wajib sebelum ihram. Hal ini supaya kamu bersih dari hadas besar dan kecil sehingga ibadah umroh kamu bisa diterima oleh Allah swt.
  • Pada saat menggunakan baju ihram dilarang memakai wewangian.
  • Saat melakukan perjalanan menuju kota Mekkah, kamu diharuskan membaca talbiyah berulang-ulang kali.
  • Dan ketika sampai di kota Mekkah, kamu harus langsung melaksanakan tawaf. Tawaf di sini yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran.
  • Melaksanakan shalat dua rakaat di depan makam nabi Ibrahim.
  • Meminum air zam-zam.
  • Melaksankan sai antara Shafa dan Marwah.
  • Mencukur rambut.

Demikianlah pembahasan dari aku tentang pertanyaan umroh berapa hari. Jadi, intinya umroh itu durasinya sangat beragam ada yang 7 hari atau lebih. Intinya, tergantung agen travelnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat ya.