Tips Haji kali ini akan membahas bagaimana agar Jemaah mempersiapkan diri dalam melaksanakan Ibadah Haji dari segi kesehatan. Ibadah Haji merupakan kegiatan yang paling dinantikan oleh umat Islam di dunia. Persiapan yang matang perlu dilakukan agar jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk dan optimal, termasuk menjaga kesehatan diri. Beberapa tips dibawah ini bisa membantu menjaga kondisi tubuh agar kegiatan ibadah haji dapat berlangsung dengan baik.

Haji Khusus 2021

Tips Haji yang sehat

Tips Haji Safana Tour
Jamaah Haji Khusus Safana Tour 2019

Dibagian ini kita akan membahas persiapan diri karena Kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Di sana suhu bisa mencapai 39 derajat celsius, sedangkan di Indonesia hanya berkisar 27 derajat celsius. Karena itu Jemaah Haji bisa mengalami dehidrasi. Masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan kita, yuk mari kita bahas satu-persatu.

Pengertian Rukun Haji, Syarat Haji dan Wajib Haji Lengkap Penjelasannya

1. Rutin Minum Air

Kondisi iklim di tanah suci jauh lebih ekstrim daripada di tanah air. Cuaca yang panas dapat membuat anda lebih mudah berkeringat dan tubuh kehilangan banyak cairan, kehilangan tenaga, pusing, dan otot menjadi lemah. Hindari dehidrasi dengan minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Usahakan juga untuk berjalan di tempat teduh.

sejarah air zam zam
Jamaah Mengambil Air Zam-Zam

Sejarah Air Zam Zam Lengkap dengan Keistimewaannya Bagi Setiap Orang yang Meminumnya

2. Tips Haji Olahraga Rutin

Selama ibadah haji kondisi fisik harus kuat. Karena itu, olahraga rutin sangat baik dilakukan sebelum berangkat. Di Safana Tour kami selalu menyarankan bagi mereka yang lanjut usia untuk memilih olahraga jalan pagi 3 hingga 5 kali seminggu, setidaknya selama 30 menit.

Tips sehat haji
Jamaah Haji Safana Tour

3. Tips Haji Konsumsi Vitamin

Tips sehat haji vitamin C
Vitamin C

Selain berikhtiar olah raga kita juga dapat mengkonsumsi Vitamin C, karena diketahui dapat memberikan proteksi diri terhadap bahaya radikal bebas. Vitamin C dapat diperoleh dalam bentuk suplemen kapsul atau dari bahan makanan seperti brokoli, jeruk, stroberi, dan tomat. Selain vitamin C, juga bisa mengkonsumsi vitamin D dan Zinc yang diketahui efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Tips Haji menjaga Pola Makanan

tips sehat haji makanan
Image by ambroo from Pixabay

Makanan Sehat Selain tidur yang cukup, asupan makanan juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Konsumsi makanan yang tinggi protein (telur, ikan, daging, yogurt, atau keju) dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Protein juga membantu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Makan Secukupnya Meski makan itu baik untuk tubuh, tapi makan dalam jumlah yang berlebihan akan memicu kenaikan asam lambung. Hal ini justru dapat menghambat kegiatan anda selama ibadah haji berlangsung. Pilihlan porsi makanan yang pasti dapat dihabiskan.

Shofa dan Marwah, Saksi Ketaatan Siti Hajar

5. Selalu mengaja kebersihan

Selain jamaah dari Indonesia, jamaah dari negara lain pun datang untuk melaksanakan ibadah haji. Kondisi yang ramai memungkinkan meningkatnya penyebaran penyakit. Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan / makan juga selalu sediakan hand sanitizer di dalam tas.

tips haji menjaga kebersihan
Lantai Masjidil Haram dibersihkan

6. Tidur yang Cukup

Tidur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Waktu tidur yang palin baik adalah sekitar 7-8 jam per hari agar stamina tubuh tetap terjaga. Tubuh yang bugar akan mendukung kerja sistem imunitas tubuh dan tidak mudah sakit.

7. Obat-obatan Pribadi

Semua jemaah yang masih muda ataupun sudah lansia juga sama perlu membawa obat–obatan. Jika mempunyai riwayat penyakit asma, obat pereda asma mesti dibawa serta. Penderita alergi juga demikian. Karena reaksinya sangat cepat bila terkena pencetus alergi. Sehingga persiapan obat sangat penting.

Demikian beberapa tips yang dapat diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga diri tetap sehat sebelum berangkat haji dan selama melaksanakan ibadah haji. Semoga amal ibadah haji kita diterima Allah SWT.

Aamiin.

Umroh New Normal