Wisata Turki

Turki termasuk kedalam salah satu destinasi wisata favorit para turis. Tercatat pada tahun 2018 kemarin, turki masuk posisi ke 6 sebagai tempat wisata yang paling ramai dikunjungi turis asing versi The World Tourism Organization.

Tidak heran, karena salah satu keindahan dari negeri Turki ialah keragaman karena negara ini melintasi Asia dan Eropa dan bangunan bersejarah yang sampai sekarang masih bisa kalian nikmati. Salah satunya yang sempat ramai dibicarakan adalah Hagia Sophia.

Selain dari segi sejarah, Masih banyak lagi hal yang menjadi daya tarik wisatawan asing untuk mengunjungi Turki. Yaitu kuliner, pemandangan alam yang indah hingga sensasi menaiki balon udara diatas tebing tebing tinggi yang berasal dari erosi batuan vulkanik.

Wisata Turki di Istanbul

Kota Istanbul, Turki

Merupakan salah satu kota besar di Turki yang terkenal di dunia karena pemandangan yang menakjubkan serta kekayaan sejarah dan budayanya. Salah satu yang terkenal adalah Bosphorus strait, selat yang memisahkan Asia dan Eropa yang dihubungkan dengan jembatan Bosphorus.

Wisata Turki selat bosphorus
Jembatan Bosphorus pada malam hari

Jembatan sepanjang 1.501 meter ini juga merupakan spot bagi para fotografer karena selain dari segi arsitektur yang indah, juga disertai dengan pemandangan kota turki dan selat Bosphorus yang sangat indah sebagai tempat untuk berfoto. Kalian juga bisa menaikin kapal atau cruise mengarungi selat Bosphorus menikmati indahnya bangunan – bangunan bersejarah. Untuk malam harinya pun tidak kalah indah, lampu – lampu LED cantik akan menghiasi jembatan tersebut.

Hagia Sophia

Masjid yang terkenal di Istanbul dan juga Landmark Turki ini merupakan tempat yang wajib kalian kunjungi. Bangunan yang awalnya adalah gereja dialih fungsikan menjadi masjid saat dinasti ottoman menguasai Istanbul, lalu sempat menjadi museum yang sekarang kembali lagi menjadi Masjid oleh Presiden Turki Erdoğan.

Hagia Sophia, Museum Yang Kembali Menjadi Masjid

Masjid yang juga merupakan Landmark Turki ini sangat terkenal akan keindahan kubahnya dan desain khas arsitektural Byzantine. Tidak hanya itu perpaduan desain interior akibat perubahan dari gereja ke masjid menciptakan keindahan yang sangat unik dan khas yang hanya bisa ditemui di Hagia Sophia. Tidak heran masjid ini sangat ramai dikunjungi turis asing saat menjadi museum.

Blue Mosque

Blue Mosque atau Mosque of Sultan Ahmed I merupakan masjid lainnya yang terkenal di Istanbul. Dinamai masjid biru karena interior masjid ini dilapisi lebih dari 20.000 ubin iznik buatan berwarna biru. Dibangun pada tahun sekitar 1609 – 1616 dibawah kepemimpinan Sultan Ahmad I, masjid ini menjadi tempat pupuler lainnya bagi turis asing saat berkunjung ke Istanbul.

Blue Mosque

Iya masjid ini memang dibuka untuk wisatawan asing, namun akan ditutup untuk wisata saat waktu sholat tiba yaitu 5 kali sehari dengan waktu 90 menit. Kegiatan didalamnya pun dijaga ketat agar tidak melanggar norma islam ataupun mengganggu jamaah yang sedang melaksanakan sholat disana.

Galata Bridge

Tidak jauh dari Blue Mosque, sekitar 16 menit perjalanan dengan transportasi umum kalian akan sampai di Galata Bridge atau Jembatan Galata.

Galata Bridge

Galata Bridge sendiri terdiri dari 2 tingkat. Dimana bagian atas untuk pejalan kaki dan kendaraan, dan bagian bawah dipenuhi restoran dan cafe yang sangat beragam dan banyak. Pemandangan alam dan bersejarah disanapun tidak kalah bagus, kalian bisa melihat topkapi palace, karakoy, dan juga kapal – kapal yang melintas. Cocok jika ingin berjalan santai atau duduk sejenak menikmati indahnya pemandangan sembari makan.

Pemandangan di malam hari semakin indah dihiasi lampu – lampu warna – warni, membuat tempat tersebut sangat bagus sebagai spot untuk berfoto.

Topkapi Palace

Gerbang utama Topkapi Palace. sumber: Wikipedia

Topkapi Palace, Istana indah dan megah yang dulu merupakan tempat pusat pemerintahan dan tempat tinggal para Sultan Ottoman.

Sekarang istana tersebut sudah dijadikan museum dan tempat destinasi sejarah favorit turis asing. Disamping keindahan arsitektur dan keanekaragaman motif dan kaligrafi dalam istana, disana kalian dapat melihat pemandangan indah Galata Bridge dan Golden Horn, jalur air perkotaan utama di Turki.

Istiklal Street

Istiklal street atau Istikal Avenue merupakan salah satu jalan yang terkenal di Istanbul, terdiri atas perpaduan antara bangunan – bangunan khas era Ottoman hingga modern terbentang sepanjang 1.4 km. Mengarah dari Taksim Square hingga ke Galata Tower. Jalanan ini sangat ramai dilewati baik penduduk lokal maupun turis, hampir 3 juta orang tiap harinya.

Wisata Halal Turki Istiklal Street
Istiklal Street

Jalanan ini juga dipenuhi dengan berbagai toko yang menjual pakaian, buku, cafe, bioskop dan masih banyak lagi. Sangat cocok terutama untuk kalian yang suka berjalan sambil memanjakan mata atau menaiki Tram ( kereta kecil ) yang melintasi Istiklal street.

Grand Bazaar

Belum lengkap rasanya ke Turki jika tidak mengunjungi Grand Bazaar, salah satu kompleks perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia yang berdiri sekitar tahun 1455. Terdapat sekitar 3000 toko yang menjual makanan dan menjajakan barang – barang unik khas turki yang akan sulit kalian jumpai di negara lain. Seperti karpet khas turki, Lampion – lampion dan souvenir – souvenir khas lainnya.

Grand Bazaar

Seperti halnya pasar pada umumnya, disini kalian harus memberanikan diri menawar harga jika mengincar harga yang miring.

Grand Bazaar Wisata Turki
Contoh oleh-oleh yang dijual di Grand Bazaar

Wisata Turki di Bursa

Setelah kalian puas menjelajah Turki sempatkan diri untuk mengunjungi kota Bursa, kota terpadat keempat di Turki. juga sebagai salah satu pusat industri negara, seperti otomotif.

Irgandi Bridge. Sumber: Wikipedia

Tidak kalah dari Istanbul, Bursa juga terdapat tempat destinasi wisata yang sangat menarik, seperti mengunjungi indahnya Irgandi Bridge, atau Great Mosque.

Great Mosque merupakan salah satu masjid peninggalan Ottoman. Dibangun sebagai bentuk memperingati kemenangan Sultan bayezid I antara tahun 1396 dan 1399 pada Pertempuran Nicopolis. Dengan nuansa khas Ottoman ini pastinya masjid ini tidak kalah indah dengan yang ada di Istanbul.

Grand Mosque of Bursa. Sumber: Wikipedia

Uludag Mountain

Uludağ Mountain yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Uludag. Menariknya disini terdapat salju yang menutupi gunung tersebut, serta menawarkan wisata bermain ski.

Wisata Turki Uludang saat Musim Dingin

Dilengkapi juga dengan Teleferik atau Cable Car sepanjang 8.3 km yang juga menjadi cable car terpanjang di dunia. Tidak hanya ski disana juga menyediakan motor salju serta toko yang menyediakan pakaian hangat untuk melengkapi liburan salju kalian.

Untuk menikmati salju dan skiing di Uludag mountain, waktu yang tepat adalah saat musim dingin, sekitar bulan november hingga desember. Bagi kalian yang tidak tahan dingin, kalian tetap bisa sekedar menikmati tumpukan salju pada bulan januari hingga maret.

Green Mosque & Tomb

Wisata Turki Green Mosque
Green Mosque. Sumber: Wikipedia

Bila sebelumnya di Istanbul kalian mengunjungi Blue Mosque, di Bursa kalian akan menemukan Green Mosque & Green Tomb. Merupakan salah satu masjid tertua di Turki, Green Mosque menyajikan masjid dengan arsitektur yang indah dipandang. Berdekatan dengan Green Mosque terdapat Green Tomb, makam dari Sultan Mehmed I yang juga interiornya ditutupi ubin hijau – biru.

Silk Market

Wisata Turki Silk market
Silk Market

Tidak jauh dari Grand Mosque, kalian akan menemukan Silk Market. Tempat belanja yang terkenal di Turki ini menyediakan oleh – oleh produk sutra dan beragam aksesoris yang sangat cantik.

Ephesus

Tidak jauh dari Kota Kusadasi kalian akan menemui Ephesus. Ephesus adalah kota tua zaman Yunani kuno yang dibangun sekitar abad ke-10 SM, yang kemudian diambil alih Kekaisaran Romawi.

Disini kalian akan menemui sisa bangunan peninggalan bersejarah tersebut yang masih terlihat keindahannya.

Wisata Turki Ephesus
Sisa bangunan Ephesus

Pamukkale

Keindahan alam yang berada di Turki tidak kalah indahnya dengan bangunan bersejarahnya, seperti yang satu ini. Pamukkale atau dalam bahasa Turki berarti kastil kapas, seperti namanya, tempat tersebut menawarkan pemandangan yang serba berwarna putih.

Wisata Turki Pamukkale
Pamukkale

Warna putih itu dihasilkan dari kalsium karbonat yang dilepaskan oleh air panas, yang saat mencapai permukaan mengendap kemudian mengeras yang mengkristal sehingga membentuk rupa seperti air terjun beku.

Wisata yang terkenal dan ditawarkan disini ialah pemandian air panasnya. Mata air yang keluar disini berkisar antara 35 – 100°C dan juga kandungan mineral yang menyehatkan sudah dipakai keluarga bangsawan sejak zaman Yunani kuno dan hingga sekarang sebagai objek wisata terkenal di Turki.

Direkomendasikan jika kalian ingin menikmati Pamukkale, datanglah pada bulan april – may ( musim semi ) dan september – oktober ( musim gugur ) dikarenakan tidak terlalu ramai dan cuaca yang sangat cocok.

Cappadocia

Wisata Turki Balon Udara
Balon Udara di langit Cappadocia

Merupakan tujuan destinasi wisata yang terkenal, Cappadocia menyajikan pemandangan alam yang tersusun dari tebing – tebing dari erosi vulkanik yang sangat indah.

Selain itu, semakin nikmat lagi apabila kalian mencicipi Balon udara Cappadocia yang terkenal. Memandangi pemandangan tebing dari langit Cappadocia bersama Balon udara lainnya akan melengkapi liburan kalian selama di Turki.

Salt Lake

Lake Tuz, Turki

Salt Lake merupakan Danau garam paling asin di dunia, merupakan salah satu destinasi yang harus dikunjungi saat berada di Ankara, Turki. Disini kalian akan melihat garam berwarna putih terbentang luas dari ujung ke ujung. Disamping pemandangan garam yang sangat indah terdapat banyak toko yang menjual alat kosmetik berbahan dasar garam yang katanya sangat bagus untuk kulit.

Kalian yang tertarik ingin mengunjungi Tempat Wisata tersebut bisa mengikuti paket tour dari kami bersama Safana Tour & Travel