Persiapan umroh menjadi sesuatu hal harus kamu pahami dengan baik, supaya pada saat kamu berada di tanah suci sudah tidak perlu mencari barang yang sebelumnya belum terpikirkan. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan persiapan yang matang.

Nah, di sini aku akan memberikan penjelasan tentang persiapan umroh, agar di sana kamu bisa menjalani ibadah dengan baik. Yuk, langsung aja ya perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini.

Persiapan Umroh Untuk Pria dan Wanita

Perlu kamu ketahui bahwasanya, persiapan umroh wanita dan pria biasanya memiliki perbedaan. Sudah penasarankan apa saja perbedaan persiapaan umroh wanita dan pria?

Yuk, langsung saja simak selengkapnya penjelasan di bawah ini, tapi kamu juga harus coba pahami dengan baik ya.

Persiapan umroh wanita

Persiapan umroh wanita terbagi menjadi dua yaitu persiapan umroh wanita 9 hari dan persiapan umroh wanita 12 hari.

Nah, maksud dari persiapan umroh wanita 9 hari dan 12 hari, yaitu perbedaan waktu perjalanannya. Tetapi sebenarnya persiapan umroh wanita dengan perjalanan 9 hari tidak jauh berbeda sama yang 12 hari.

Sudah penasaran apa saja persiapannya? Yuk, langsung saja simak dengan baik persiapan umroh wanita 9 hari dengan persiapan umroh wanita 12 hari.

Pengertian Manasik Umroh Paling Lengkap Dengan Tata Cara Sesuai Sunnahnya

1. Persiapan umroh wanita 9 hari

persiapan umroh

Berikut ini aku akan beri tahu mengenai persiapan umroh wanita 9 hari yang perlu kamu bawa pada saat menunaikan ibadah umroh.

Hal ini harus dipersiapan dengan matang supaya bisa memudahkan kamu di sana tanpa perlu ribet cari sana-sini lagi. Yuk, simak selengkapnya.

  • Pakaian non ihram

Maksud dari pakaian non ihram ini berupa gamis syari’i. Jadi gamis merupakan pakaian yang bisa menutup aurat wanita.

Nah, di sini kamu disarankan untuk pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak ketat. Dan sebaiknya kamu membawa sekitar empat atau lima gamis.

Lalu untuk hari berikutnya kamu bisa pakai gamis sebelumnya yang sudah kamu cuci. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak terlalu banyak membawa barang yang pada akhirnya suka tidak terpakai.

  • Pakaian ihram

Pakaian ihram bisa dipilih sesuai selera yang penting tidak memilih warna yang mencolok. Tapi disarankan untuk memilih pakaian ihram berwarna putih saja. Dan sebaiknya kamu membawa sekitar dua sampai tiga pakaian ihram.

  • Perlengkapan mandi

Ini juga termasuk ke dalam bagian kebutuhan yang paling penting. Karena perlengkapan mandi ini pastinya akan kamu gunakan setiap harinya.

Maka dari itu, bawalah perlengkapan mandi mulai dari sikat gigi, pasta gigi, shampoo, sabun dan yang lainnya yang biasa kamu pakai. Tapi disarankan membawa perlengkapan mandi dengan kemasan yang  praktis saja. Supaya barang bawaan kamu tidak terlalu berat.

  • Handuk

Walaupun di tempat penginapan disediakan handuk, namun tidak ada salahnya kalau kamu juga membawa handuk sendiri. Jadi, kalau nanti handuk di tempat penginapan atau yang kamu sudah kotor masih punya cadangan.

  • Obat-obatan

Obat-obatan adalah salah satu barang yang harus dibawa. Karena obat merupakan salah satu barang antisipasi bila kamu jatuh sakit.

Meskipun saat ini kondisi kamu sehat, tidak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan obat-obatan sebelum pergi.Misalnya obat diare, minyak kayu putih, tolak angin, freshcare, dan masih banyak lagi.

  • Pakaian dalam

Pakaian dalam adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dibawa saat kamu akan pergi ke tanah suci selama 9 hari ke depan. Jadi sebaiknya kamu membawa pakaian dalam dengan jumlah secukupnya saja.

  • Pembalut atau pantyliner

Kamu juga perlu membawa pembalut atau pantyliner sebagai antisipasi. Sebab bisa jadi kamu kedatangan tamu bulanan ketika sedang melaksanakan ibadah di tanah suci.

Meskipun kamu sudah tahu jadwal haid kamu, tapi tidak ada salahnya membawa pembalut atau pantyliner. Karena barang kali di sana juga ada orang yang membutuhkan. Jadi kamu bisa memberinya.

  • Masker dan kacamata

Masker dan kacamata adalah salah satu hal yang perlu kamu persiapkan saat akan pergi umroh. Sebab keduanya memiliki fungsi, yaitu untuk melindungi mata dari teriknya panas matahari dan debu yang bertebaran.

  • Kaos kaki

Perlu kamu ketahui bahwa kaos kaki berfungsi sebagai penutup aurat. Selain untuk menutup aurat kaos kaki juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh bagian bagian bawah. Oleh karena itu, kaos kaki perlu kamu bawa. Bawalah dengan jumlah satu atau dua buah saja.

  • Perlengkapan ibadah

Kumpulan Doa Umroh Terlengkap Sesuai Sunnah yang Baik dan Benar

Bawalah perlengkapan ibadah yang komplit mulai dari sejadah, mukena, tasbih, al-quran saku dan buku doa-doa (ukuran kecil).

Lalu sebaiknya kamu juga membawa sajadah dan mukena yang mudah dilipat (praktis). Karena hal ini bertujuan supaya kamu tidak ribet membawanya dan akan lebih terlihat simple.

  • Sepatu dan sandal

Sebaiknya kamu membawa sepatu dan sandal yang ringan saja. Supaya tidak terlalu banyak barang bawaan. Dan jangan lupa bawa kantong buat sepatu dan sandalnya ya.

  • Tas kecil

Kamu perlu membawa tas kecil sebagai tempat barang-barang kecil seperti handphone, uang dan sebagainya. Hal ini bertujuan supaya tidak banyak barang yang perlu kamu pegang-pegang. Jadi, tas kecil ini nantinya bisa memiliki banyak fungsi.

  • Baju tidur

Supaya tidur kamu nyaman sebaiknya membawa baju tidur yang menyerap keringat. Bawalah baju tidur dengan jumlah satu atau dua saja. Tidak perlu banyak-banyak.

2. Persiapan umroh wanita 12 hari

persiapan umroh

Sebelumnya sudah aku singgung, bahwasanya umroh kadang membutuhkan waktu 12 hari. Maka dari itu, perlu ada persiapan yang lebih teliti lagi. Meskipun memang persiapan umroh 9 hari dengan 12 hari tidak jauh beda. Yuk, langsung saja simak selengkapnya.

  • Pakaian non ihram

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa pakaian non ihram itu berupa gamis syar’i. Jadi kalau kamu melakukan perjalan umroh selama 12 hari sebaiknya membawa pakaian non ihram dengan jumlah enam buah saja.

  • Pakaian ihram

Perlengkapan selanjutnya yaitu pakaian ihram. Nah, kamu bisa membawa pakaian ihram dengan jumlah dua atau tiga buah saja. Pakaian ihram biasanya berwarna putih dan harus bersih.

  • Perlengkapan mandi

Hal ini juga sudah dibahas di atas. Intinya kamu harus membawa perlengkapan mandi mulai dari sabun, shampoo, sikat gigi dan pasta gigi dengan kemasan yang praktis.

  • Handuk

Pastikan kamu sudah mempersiapkan handuk untuk di bawa. Meskipun di tempat penginapan sudah tersedia handuk. Kamu hanya perlu membawa handuk dalam jumlah satu saja.

  • Obat-obatan

Bawa obat-obatan pribadi kamu meskipun kondisi kamu saat ini sedang sehat. Karena obat-obatan termasuk barang penting yang harus dibawa. Mulai dari obat flu, demam, batuk dan lain-lain.

  • Pakaian dalam

Pakaian dalam hal paling penting yang harus kamu bawa selama menunaikan ibadah ke tanah suci. Nah, di sini kamu bisa membawa pakaian dalam dengan jumlah secukupnya saja yang penting bisa memenuhi kebutuhan selama 12 hari ke depannya.

  • Pembalut dan pantyliner

Pembalut dan pantyliner merupakan hal penting yang harus dibawa. Sebab yang namanya wanita sering kali kedatangan tamu tak diundang alias haid secara tiba-tiba.

  • Kaos kaki dan jaket

Sudah kamu ketahuikan, bahwa kaos kaki itu berfungsi untuk melindungi kaki, penutup aurat sekaligus bisa menambah kehangatan.

Begitupula dengan jaket, karena jaket juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari dinginnya malam.

  • Kacamata dan masker

Kacamata dan masker bisa kamu pakai pada saat berziarah ke kota Mekkah. Sebab kegiatan berziarah biasanya akan dilaksanakan dari pagi sampai siang hari.

Nah, maka dari itu kamu perlu mempersiapkan kacamata dan masker untuk melindungi diri dari debu dan sinar matahari.

Sejarah Air Zam Zam Lengkap dengan Keistimewaannya Bagi Setiap Orang yang Meminumnya

Persiapan Umroh Pria

persiapan umroh

Pria juga harus mempersiapkan sesuatu yang perlu dibawa ketika akan melaksanakan ibadah umroh. Oleh karena itu, aku akan memberitahu daftar barang yang harus dibawa pada saat umroh nanti. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini ya.

  • Kain ihram

Kain ihram merupakan barang yang harus dibawa ketika kamu akan menunaikan ibadah umroh. Sebab kain ini nantinya akan kamu gunakan di sana. Maka dari itu, kamu disarankan untuk membawa kain ihram dengan jumlah dua set.

  • Sandal

Kamu juga perlu membawa sandal sekaligus dengan plastik atau tas kecil khusus sandal. Supaya pada saat rak penyimpanan terbatas kamu bisa menyimpannya sendiri.

  • Sabuk khusus pria

Maksud sabuk di sini yaitu sabuk yang ada dompet kecilnya yang di desain khusus pria ketika umroh atau haji. Nah, jadi dompet sabuk ini digunakan untuk menyimpan beberapa keping uang sekaligus bisa untuk mengikat kain ihram.

  • Baju muslim

Sebaiknya kamu menggunakan baju muslim pada saat sedang melakukan aktivitas tour. Dan alangkah baiknya kamu menggunakan baju muslim yang berwarna putih.

Jadi, kamu bisa bawa baju muslim sesuai dengan kebutuhan kamu. Tetapi kalau kamu termasuk orang yang mudah berkeringat, bawalah sekitar 4-5 potong baju muslim.

  • Obat-obatan

Obatan-obatan merupakan kebutuhan penting yang perlu kamu bawa. Sebab kamu tidak tahu kan apa yang akan terjadi di sana. Maka bawalah obatan-obatan dengan secukupnya saja.

  • Sarung

Buat kamu yang sudah biasa menggunakan sarung ketika hendak shalat, sebaiknya bawalah sekitar 4 potong.

Tetapi bagi yang tidak biasa menggunakan sarung cukup bawa sekitar 2-3 potong saja. Selain untuk shalat, sarung juga bisa digunakan sebagai pengganti selimut ketika tidur.

  • Celana panjang

Celana panjang juga perlu kamu bawa, setidaknya bawalah dua sampai tiga potong sesuai dengan kebutuhan kamu di sana. Dan kamu tidak disarankan untuk membawa celana panjang yang berbahan jeans.

  • Jaket dan syal

Barang berikutnya yang harus dibawa yaitu jaket. Karena jaket bisa membantu menghangatkan tubuh pada malam hari.

Sedangkan syal bisa membantu menghangatkan bagian atas tubuh kamu terutama bagian leher (tenggorokan).

  • Masker dan kacamata

Bawalah kacamata untuk melindungi mata dari radiasi cahaya matahari pada saat kamu sedang melakukan tour dari pagi hingga siang hari.

Dan tak lupa gunakan masker juga untuk melindungi tubuh dari penyakit batuk yang sedang dialami oleh jamaah lain.

  • Pelembab kulit

Pria juga boleh menggunakan pelembab kulit. Karena pelembab kulit ini bisa membantu menjaga kulit supaya tidak kering dan tetap sehat bila terkena radiasi sinar matahari. Jadi buat kamu yang memang terbiasa memakai pelembab kulit jangan lupa di bawa ya.

Demikianlah penjelasan dari aku tentang persiapan umroh. Semoga penjelasan dari aku bermanfaat buat kamu.