Keutamaan umroh ini perlu kamu ketahui supaya kamu bisa tahu tujuan kamu melaksanakan umroh ini untuk apa.

Sebelum aku membahas tentang keutamaan umroh. Sebaiknya kamu perlu mengetahui pengertian umroh terlebih dahulu. Jadi, pengertian umroh yaitu ibadah umat islam yang hukumnya sunnah dan dilaksanakan di Tanah suci dan mengenai waktunya bisa kapan saja.

Untuk pembahasaan lebih lanjutnya yuk langsung saja simak keutamaan umroh selengkapnya di bawah ini dengan baik ya. Supaya kamu bisa lebih mudah dalam memahaminya.

Kumpulan Doa Umroh Terlengkap Sesuai Sunnah yang Baik dan Benar

1. Keutamaan Umroh – Menghapuskan Segala Dosa

keutamaan umroh

Keutamaan umroh yang pertama yaitu menghapus segala dosa-dosa yang pernah di perbuat. Baik itu dosa dalam jangka waktu masa lampau ataupun baru. Jadi, intinya dosa selama kamu hidup di dunia akan di ampuni oleh Allah subahanahuwata’ala.

Nah, maksud dari menghapus segala dosa di sini yaitu, seperti ini kalau ada orang yang sudah menjalankan ibadah umroh sebelumnya, kemudian melaksanakan ibadah umroh dibulan atau tahun berikutnya maka dosa diantara dua waktu tersebut akan dihapuskan.

Hal ini benar-benar sesuai dengan janji Allah swt. Jadi, intinya bagi yang melaksanakan umroh akan dihapuskan dosa-dosanya oleh Allah.  Dan mengenai keutamaan umroh yang ini disebutkan oleh HR. Bukhari. Maka dari itu, banyak orang yang ingin melaksanakan umroh.

2.  Keutamaan Umroh – Mendapat Ketengan Hati

keutamaan umroh

Keutamaan umroh yang kedua yaitu mendapat ketenangan hati. Jadi, saat kamu berada di Mekah pastinya akan ada doa yang kamu panjatkan.

Nah, saat kamu berdoa selama menjalankan ibadah umroh, maka hati kamu akan merasa tenang serta kehidupan kamu menjadi damai.

Jadi, keutamaan umroh ini bisa memberikan kekayaan hati. Yang dimaksud dengan kekayaan hati di sini yaitu kamu akan menjadi orang yang lebih sabar dan bisa menambah iman bagi siapapun yang melaksanakan umroh.

2. Keutamaan Umroh – Mendapatkan Pahala Sholat yang Berlipat Ganda

keutamaan umroh

Perlu kamu ketahui, bahwa mengumpulkan pahala dari shalat adalah hal yang sulit. Karena saat kamu melaksanakan shalat yang biasa hanya mendapat pahala 1 dan 27 bagi yang berjamaah, maka saat melakukan ibadah umroh pahalanya akan berlipat ganda.

Jadi, keistimewaan umroh yang ketiga itu bisa mendapatkan pahala shalat yang berlipat ganda mulai dari 1000 sampai 100.000 kali lipat. Sungguh istimewakan sholat berjamaah di Tanah suci.

Oleh karena itu sholatlah dengan khusyuk agar ibadah kamu diterima dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda sesuai dengan janji yang Allah subahahuwata’ala berikan.

Umroh berapa hari? Lengkap dengan Penjelasannya

4.  Keutamaan Umroh – Meningkatkan Iman dan Takwa

keutamaan umroh

 

Keistimewaan umroh yang ke empat yaitu bisa menambah iman dan takwa. Nah, saat kamu melakukan ibadah umroh, berarti di sini kamu sedang menambah iman dan takwa untuk selalu berusaha memperbaiki diri mulai dari perilaku dan ibadahnya.

Karena iman dan takwa ini sangat penting sekali di dalam kehidupan nanti di akhirat. Dan apabila iman dan takwa kamu bertambah, maka kehidupan kamu nanti bisa berada di surga.

Jadi intinya Allah swt juga menjanjikan akan menambah iman dan takwa kepada para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah umroh.

5. Perantara jihad bagi perempuan

Sebelumnya perlu kamu ketahui mengenai pengertian jihad. Jihad yaitu sebuah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan yang sangat besar sehingga Allah swt menjanjikan pahalanya yaitu surga.

Zaman dulu, jihad ini harus dengan cara mengikuti peperang dalam membela Islam terlebih dahulu. Dan khusus perempuan dilarang untuk mengikuti peperangan karena fisiknya terbilang lemah.

Maka dari itu Allah swt memberikan jalan alternatif bagi perempuan untuk melakukan jihadnya dengan cara melaksanakan ibadah umroh atau haji. Jadi, keistimewaan umroh yang kelima yaitu sebagai perantara jihad untuk perempuan.

6. Keutamaan Umroh – Doa yang Dipanjatkan Akan Dikabulkan

Keutamaan umroh yang ketujuh yaitu doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah swt. Orang-orang yang melaksanakan ibadah umroh di Tanah suci ini pastinya akan memanjatkan doa kepada Allah swt.

Maka dari itu, doa yang dipanjatkan akan Allah swt kabulkan dalam waktu yang dekat. Karena orang yang melaksanakan ibadah umroh ini merupakan tamu yang istimewa bagi Allah swt.

Hal ini tertulis di dalam hadist yang intinya siapapun yang memohon ampunan dan meminta hal-hal yang di inginkan maka pasti akan dikabulkan.

Nah, di sini kamu disarankan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena momen ini merupakan momen yang langka dan belum tentu bisa kamu ulang kembali. Oleh karena itu, kamu harus memperbanyak doa.

7. Keutamaan Umroh – Mendapatkan keberkahan

Keutamaan umroh lainnya yaitu bisa mendapatkan keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya. Kalau ibadah umroh ini dilakukan dengan hati yang ikhlas serta khusyuk maka ibadah kamu akan diterima oleh Allah swt dan ibadah kamu dinyatakan sah.

Jadi, kalau ibadah kamu diterima oleh Allah swt maka hidupnya akan dilimpahkan dengan keberkahan dan menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Allah benar-benar menjamin keberkahan bagi hidup jika kamu menjalankan umroh dengan baik.

8. Keutamaan Umroh – Allah SWT Menjanjikan Surga

Keutamaan umroh selanjutnya yaitu Allah swt menjanjikan surga. Hal ini sebelumnya sudah dijelaskan dibagian perantara jihad.

Tapi hal ini tidak hanya berlaku untuk kaum perempuan tetapi untuk laki-laki juga. Jadi intinya Allah swt telah menjanjikan siapapun yang menjalankan umroh dengan hati yang ikhlas serta mengikuti tata cara yang benar maka Allah menjanjikan surga.

Surga tersebut sudah Allah sediakan khusus. Maka dari itu kamu harus melaksanakan ibadah umroh dengan baik sesuai dengan rukun umroh yang tidak boleh kamu lewati satu pun.

Karena kalau ada rukun yang kamu lewati hukumnya mabrur. Hal ini juga berlaku untuk orang yang melakukan ibadah haji.

9. Keutamaan Umroh – Jauh dari kemiskinan

Keutamaan selanjutnya yaitu kamu akan jauh dari kemiskinan. Hal ini adalah yang hampir semua orang idamkan. Karena hidup yang cukup dan sejahtera adalah impian semua orang.

Maka dari itu, Allah swt akan memberikan keistimewaan berupa menjauhkan diri kamu dari kemiskinan atau kefakiran.

Mengenai pernyataan ini tertulis dalam hadist yang intinya disebutkan bahwa siapapun yang melaksanakan umroh maka akan jauh dari kemiskinan serta dosa-dosa yang sudah diperbuat sepanjang hidupnya.

10. Keutamaan Umroh – Ketika Wafat Saat Umroh Maka Pahalanya Dicatat

Keutamaan umroh kesepuluh yaitu, kalau ada orang yang wafat saat melakukan umroh maka pahalanya akan dicatat oleh Allah swt sampai hari kiamat.

Tapi keutamaan umroh yang ini hanya bisa didapatkan oleh orang yang memiliki kekhusyukan yang tinggi dan menjalankan rukun umroh dengan benar tanpa ada yang terlewat satu pun.

Intinya Allah swt sudah menjanjikan pahala untuk orang yang wafat saat umroh sampai hari kiamat nanti.

 

11. Keutamaan Umroh – Pahala Shalat di Masjid Quba Akan Dilipatgandakan

Keutamaan umroh yang kesebelas yaitu akan mendapatkan pahala yang berlipatganda jika kamu shalat di Masjid Quba.

Maka dari itu sebaiknya kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Quba di Madinah. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan melaksanakan shalat dua rakaat.

Hal keutamaan tentang umroh ini dijelaskan dalam hadist yang intinya itu menjelaskan bahwa barang siapa yang berwudhu terus datang ke Masjid Quba lalu shalat dua rakaat maka pahalanya yang akan didapatkan sama dengan umroh.

Pengertian Rukun Haji, Syarat Haji dan Wajib Haji Lengkap Penjelasannya

12. Keutamaan Umroh – Jadi Tamu Istimewa Bagi Allah SWT

Keutamaan umroh yang kedua belas  yaitu akan menjadi tamu istimewa bagi Allah swt. Karena Allah swt akan merasa senang jika ada umatnya yang mendatangi rumah Allah yang sering disebut Tanah suci.

Menurut Rasulullah saw bersabda yang intinya Allah swt akan mengabulkan setiap doa yang diminta, menghapuskan segala dosa dan masih banyak lagi. Maka dari itu, usahakan sebelum berangkat ke sana kamu harus mensucikan hati terlebih dahulu.

Sebab kalau hati kamu sudah bersih maka kamu bisa termasuk ke dalam kategori tamu istimewa bagi Allah swt. Dan apa yang kamu panjatkan akank segera terwujud.

13. Keutamaan Umroh Saat Ramadhan Sama Seperti Ibadah Haji

Hal ini tertulis di dalam hadist, yang intinya umroh saat ramadhan ini sama seperti haji. Maksud hadist tersebut yaitu pahalanya. Jadi, pahala orang yang melaksanakan ibadah umroh saat ramadhan, maka pahalanya sama seperti melaksanakan ibadah haji.

Tapi dalam hal ini, haji tidak bisa digantikan dengan umroh. Karena haji hukumnya wajib bagi umat muslim yang mampu melakukannya. Berbeda dengan umroh yang hukumnya sunnah. Serta dalam pengerjaan ibadah haji dan umroh itu berbeda.

14. Keutamaan Umroh – Bisa Mempererat Tali Persaudaraan Antar Umat Muslim

Keutamaan umroh yang keempat belas yaitu bisa mempererat tali persaudaraan antar umat muslim. Saat kamu melaksanakan ibadah umroh maka kamu akan bertemu jutaan umat muslim. Nah, di sinilah kamu bisa memanfaatkan momen untuk berkenalan dengan umat lain.

Karena di sini kamu akan menemui para jamaah dari kota-kota lain. Hal ini tentunya sangat bernilai sekali. Sebab wawasan kamu bisa bertambah, teman bisa lebih banyak dan masih banyak lagi.

Hal ini juga tertulis di dalam hadist yang isinya Allah swt akan menjinakan hati kamu dengan saudara lainnya.  Ini terdapat di dalam QS. Ali Imran:103.

15. Keutamaan Umroh – Mengajari Makna Besabrar

Keutamaan umroh yang kelima belas yaitu mengajarkan makna bersabar. Karena menunaikan ibadah umroh ini bukanlah hal yang mudah. Hal yang bukan mudah di sini tidak hanya soal biaya saja, melainkan mental juga.

Sebab saat kamu berada di Tanah suci akan bertemu dengan berjuta-juta orang. Pasti hal ini sudah tidak bisa kamu bayangkan bagaimana kondisi desak-desakannya saat berada di Tanah suci.

Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan mental dengan baik untuk menahan cuaca yang panas, menahan sakitnya terkena desakan yang keras dan masih banyak lagi. Intinya kamu tidak boleh sampai emosi. Kalau kamu sanggup bersabar maka ibadah kamu bisa bernilai pahala.

Demikianlah pembahasaan tentang keutamaan umroh yang perlu kamu ketahui. Jadi, umroh itu bukan hanya sebagai penghapus doa melainkan bisa memberikan surga dan masih banyak lagi. Semoga pembahasaan dari aku bermanfaat ya.