Bacaan umroh perlu kamu pelajari sebelum menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci. Karena saat akan melaksanakan ibadah umroh berarti tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Nah, saat melaksanakan ibadah umroh tersebut, ada beberapa bacaan umroh yang harus bisa kamu hafal kan. Meskipun tidak semuanya hafal minimal nya ada sedikit pengetahuan.

Maka dari itu, aku mau membahasnya. Yuk langsung saja bahas selengkapnya di bawah ini tentang bacaan umroh. Pembahasan ini perlu kamu perhatikan baik-baik ya.

Bacaan Umroh Sesuai Sunnah

bacaan umroh

Berikut ini bacaan umroh sesuai sunnah yang harus kamu ketahui. Yuk, langsung simak baik-baik ya!

9 Perjalanan Umroh Selama di Tanah Suci Lengkap Sejumlah Aktivitas

1. Bacaan Umroh Sebelum Meninggalkan Rumah

Bacaan umroh dimulai sebelum kamu berangkat ke Tanah Suci, alangkah baiknya kamu melakukan shalat sunnah dua rakaat terlebih dahulu.

Nah, saat kamu melakukan shalat sunnah dua rakaat tersebut, kamu disarankan untuk membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas dalam rakaat kedua.

Setelah selesai shalat sunnah, dilanjutkan membaca doa sebelum meninggalkan rumah dengan cara mengangkat tangan lalu bacakan doa disertai niat dan hati yang tulus.

Berikut ini bacaan sebelum meninggalkan rumah:

Alhamdulillahi ladzi hadaani bil-islaam wa arsyadani illa adaa-i manaasikii haa-jjan bibaitihi wamu’tamiron bimasyaa’irihi. Allahuma sholli ash-haabihii ajma’in. allahumma ilaika tawajjahtu, wabika’tashomtu, allhummakfinii ma hammanii wamaalaa ahtammu lahu, Allahumma zawidnii attaqwa, wagfirlii dzanbii.

2. Bacaan Umroh Keluar Rumah

Bacaan ini juga digunakan sesudah melaksanakan shalat sunnah dua rakaat dan membaca doa sebelum meninggalkan rumah, kamu juga harus membaca doa keluar rumah.

Tapi doa tersebut harus kamu baca saat sudah sampai di depan pintu keluar. Doa ini perlu kamu baca, supaya kamu bisa pergi tanpa ada halangan apapun atau dilancarkan dalam perjalanannya oleh Allah swt.

Berikut ini bacaan umroh doa keluar rumah yang baik dan benar. Usahakan baca doanya dengan sungguh-sungguh tanpa bergurau ya.

Dan jangan lupa sebelum berdoa usahakan membaca basmalah terlebih dahulu. Yuk, langsung simak doanya di bawah ini!

Bismillahi amannatu billahi. Bismillahi tawajjahtu lillahi. Bismillahi I’tashomtu billahi. Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula walaa quwwata illa bilahil-a’liyyil ‘azhiimi.

3. Bacaan Umroh Duduk di Dalam Kendaraan

Bacaan umroh juga baik digunakan pada saat kamu sudah masuk ke dalam kendaraan lalu duduk sebaiknya kamu juga membaca doa. Supaya Allah swt melindungi kamu di dalam perjalanannya dan bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Di sini juga aku sudah menyediakan bacaan doa duduk di dalam kendaraan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu supaya tidak ribet lagi mencari doa tersebut di google.

Berikut ini bacaan doa duduk di dalam kendaraan yang harus kamu baca dengan baik dan benar. Yuk, langsung saja simak ya!

Bismillahi majreha wa mursaahaa innaa rabbi lagafurur-rahiim. Wa maa qadarullaha haqqa qadrihi wal-ardhu jami’an qabdatuhu yaumal qiyamati wasamaawatu mathwiyyatum biyamiinihi subhanahu wa ta’alaa ‘amma yussyrikuun.

4. Bacaan Umroh Sewaktu Kendaraan Mulai Bergerak

Bacaan yang ini juga penting pada saat kendaraan yang kamu tumpangi sudah mulai bergerak, kamu juga harus membaca doa terlebih dahulu. Supaya kendaraan yang kamu tumpangi di jauhkan dari marabahaya.

Nah, di sini aku juga sudah menyediakan bacaan doa sewaktu kendaraan mulai bergerak dalam tulisan latin. Hal ini bertujuan supaya memudahkan kamu dalam membacanya. Yuk, langsung saja simak di bawah ini ya!

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Subhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu lamun-qolibuun, Allahumma inaa nas aluka fii safarinaa haadzaa alibrro wattaqwaa waminal ‘amali maa safaronaa haadzaa wa antash shaahibu fissafari, walkalifatu fil-ahli. Wa’tsaa-issafari, waka-abatilmanzhori, wasuu-ilmunqolabi fil maali wal-ahli wal waladi.

15 Keutamaan Umroh Bagi Setiap Jamaah yang Melaksanakannya

5. Bacaan Umroh Mengenai Niat Melaksanakan Ibadah Umroh

Bacaan yang perlu kamu ketahui selanjutnya yaitu niat umroh. Segala sesuatu memang dibutuhkan niat yang benar. Supaya apa yang kita niatkan bisa berjalan dengan baik serta diterima oleh Allah swt. Doa niat umroh seperti ini:

Labbaikallahumma ‘umratan”

Nah, inilah doa niat umroh yang harus kamu baca dengan khusyuk. Supaya Allah swt mendengar niat baik kamu. Karena sesungguhnya Allah swt juga pernah berkata bahwa lakukan segala apapun dengan niat karena Allah ta’ala.

6. Bacaan Umroh Talbiyah Berulang Kali Sampai Tawaf

bacaan umroh

Bacaan selanjutnya yaitu membaca talbiyah berulang kali sampai tawaf. Doa talbiyah ini harus kamu baca setelah melaksanakan ihram di Miqat.

Doa talbiyah ini disunnahkan untuk dibaca. Karena dahulu Rasulullah saw juga selalu membaca ini ketika sedang melaksanakan umroh di Tanah Suci.

Dan perlu kamu ketahui, bahwa doa talbiyah ini harus dibaca tiga kali. Setelah selesai talbiah kamu bisa sambung dengan membaca doa shalawat nabi dan doa pendek lainnya.

Berikut ini bacaan doa talbiyah yang harus kamu hapalkan dengan baik. Yuk, langsung simak doanya di bawah ini!

“Labbaik allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak”

7. Bacaan Umroh Sebelum Memulai Tawaf

Bacaan selanjutnya yang harus kamu baca yaitu doa sebelum mulai tawaf. Nah, doa ini harus kamu baca dengan posisi yang menghadapkan sebagian badan ke arah Hajar Aswad sambil membaca doa “Bismillahi Allahu akbar”.

Kemudian saat tawaf dimulai kamu juga harus membaca doa ini:

“Subhhanallah walhamdulillaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wala haulaa wala kuwwata illaa bilaahil- aliyyil – azim, was salatu – was – salamu’ala rasuillahi sallallahu ‘alaihi wa sallam. Allahumma imanan bika wa tasdiqan wa wa’faan bi ‘ahdika attiba’an lisunnatika nabiyyika muhammadin sallallahu ‘alaihi wa sallam. Allahumma inni as’ alukal afwa wal afiyarawal mu’afatad, wal fauza bil jannati wan najata minan-nar.

Setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan doa tawaf yang ini “Robbanaa aatina fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qina adzaa bannaar”. Bacaan yang ini harus dibaca ketika berada di antara Hajar Aswad dan rukun Yamani.

8. Bacaan Umroh Setelah Menyelesaikan Tawaf

Setelah kamu selesai melaksanakan tawaf sebaiknya kamu juga membaca doa selesai tawaf. Jadi, pada saat kamu beres melakukan tawaf sebanyak tujuh kali putaran sebaiknya langsung menuju makam Ibrahim. Dan ketika kamu berada di makam Ibrahim baca doa ini ya:

“wattakhidzuu min maqoomi ibroohiima musholla”

Artinya : “Dan jadikanlah sebagian makam Ibrahim sebagai tempat sholat”.

Kemudian, kamu juga disarankan untuk melakukan shalat sunnah sebanyak dua rakaat. Pada rakaat pertama disarankan membaca surat Al-Kafirun dan rakaat kedua surat Al-Ikhlas.

Nah,perlu kamu ketahui juga bahwa cara melakukan tawaf itu dengan berjalan cepat pada putaran pertama sebanyak tiga kali dan berjalan biasa pada putaran kedua sebanyak empat kali. Dan usahakan saat tawaf membaca shalawat atau doa lainnya.

9. Bacaan Umroh Selanjutnya yaitu Sa’i

Bacaan selanjutnya yaitu sa’i. Maksud sa’i yaitu berjalan kaki bolak-balik antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali putaran. Nah, sebelum melaksanakan sa’i sebaiknya kamu membaca doa ini:

“Abda ubimaa bada Allaahu bihi warasuuluh. Innasshafaa wal marwata min sya’aaairillaah. Famanhajjal baita awi’tamarafa laa junaaha ‘alaihi anyathawwa fa bihimaa waman tathawwa ‘a khairan fa innallaaha syaakirun ‘aliimun”.

Nah, pada saat melaksanakan sa’i disunnahkan naik ke bukit Shafa dan Marwah sambil berdoa dengan posisi badan menghadap ke Baitullah.

Jadi, intinya kamu mulai jalan dari bukit Shafa lalu naik ke atas sampai melihat Baitullah. Setelah itu, menghadap ke kiblat sambil membaca kalimat tauhid dan takbir sebanyak tiga kali.

Persiapan Umroh untuk Pria dan Wanita 9 hari dan 12 hari Terbaru dan Terlengkap

10. Bacaan Umroh Setelah Melaksanakan Sa’i

Bacaan umroh berikutnya yaitu doa setelah melaksanakan sa’i. Doa setelah melaksanakan sa’i ini harus kamu baca dengan baik. Supaya ibadah umroh kamu menjadi lebih sempurna serta di terima oleh Allah swt.

Berikut ini bacaan umroh doa setelah melaksanakan sa’i yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Yuk, langsung simak dengan baik di bawah ini!

“Allaahumma rabbanaa taqabbalna minnaa wa’aafinaa wa fu ‘anna, wa’alla tha’atika wa syukrika wa ‘alaal iimaani wal islaamil kaamili jami’an”.

Jadi, inti dari kegiatan sa’i ini yaitu aktivitas berjalan antara bukit Shafa dan Marwa.  Dan sa’i ini tidak boleh terlewatkan. Sebab jika terlewat maka ibadah umroh kamu terbilang tidak sah.

Kemudian di dalam kegiatan sa’i ini kamu tidak diwajibkan suci dari hadas besar maupun kecil. Maka dari itu, buat kamu yang sedang menstruasi atau tidak punya wudhu boleh melaksanakan sa’i.

11. Bacaan Umroh Mengenai Tahalul

Bacaan umroh berikutnya yaitu tahallul. Tahallul yaitu rangkaian ibadah umroh yang terakhir. Sebelumnya perlu kamu ketahui, bahwa maksud tahallul di sini adalah memotong atau mencukur rambut.

Sebelum kamu memotong rambut sebaiknya diawali dengan doa. Berikut ini aku sudah menyediakan bacaan doa memotong rambut!

“’Allaahu akbar Allaahu akbar Allahu akbar. Wal hamdulilillahi ‘ala maa hadaanaa wal hamdu lillaahi ‘ala maa an’amanaa bihi alainaa. Allaahumma haadzihih naashiyatiiy fataqobbal minna wagfhir dzunubiiy. Allaahummagfirlil muhallaqiina walmuqasshariina yaa waasi’al maghfirah. Allaahummatsbut liiy bikulla sya’ratin hasanatan wamhu anna bihaa syaa’atan. Warfa’liiy bihaa indaka darajah”.

Dan di sini, laki-laki disarankan untuk mencukur rambut sampai botak sedangkan untuk perempuan hanya sepertiga jari bagian atas saja. Jadi intinya perempuan tidak diharuskan untuk membotakkan rambut.

12. Bacaan Umroh Setelah Selesai Melaksanakan Tahallul

Bacaan umroh selanjutnya doa setelah tahallul. Nah, setelah kamu beres memotong rambut, disarankan untuk membaca doa setelahnya.

Buat kamu yang belum tahu doanya, tenang saja karena di sini aku sudah menyediakan doa selesai melakukan tahallul. Yuk, langsung simak bagian dari doa umroh tersebut!

“Alhamdulillaahi ladzi qadla annaa manaasikanaa, Allaahumma zidnaa iimaanan wayaqiinan wa ‘awnan, wagfirlanaa awali wali daynaa walisaaril muslimiina walmuslimaat”.

Saat membaca doa bacaan umroh ini kamu tidak diwajibkan suci dari sadas besar maupun kecil. Selain itu, doa ini tidak perlu kamu hafalkan. Sebab doa tersebut sudah tersedia di buku panduan umroh. Dan kamu akan dibimbing oleh pemandu dari agen travelmu.

Jadi, intinya tahallul adalah rangkaian ibadah umroh yang terakhir. Sehabis ini kamu diperbolehkan melakukan hal-hal yang awalnya diharamkan.

Demikianlah rangkuman pembahasaan bacaan umroh yang bisa aku berikan. Jadi bacaan umroh itu dimulai dari sebelum keluar rumah sampai tahallul. Semoga bermanfaat.